Berziarah di Makam Sang Penakluk Pulau Jawa

Syech Subakir, tidak banyak orang yang tahu siapa sebenarnya sosok tersebut. Tetapi Syech Subakir menjadi tokoh pertama Islam yang datang ke Pulau Jawa, jauh sebelum adanya para Walisongo maupun eranya syech Maulana Malik Ibrahim, Maulana Ishak maupun Syech Maulana Magribi. Konon dahulu kala, Pulau Jawa masih merupakan hutan belantara yang sangat angker. Datanglah seorang syech dari Persia yang bernama Syech Subakir.

Angkernya pulau Jawa itu dipenuhi dengan jin jahat. Kedatangan Syech Subakir ke pulau Jawa asal mulanya hanyalah ingin mensyiarkan Agama Islam. Kedatangan sang syech waktu itu boleh dikatakan sia-sia. Pasalnya, sang syech mengetahui sendiri bahwa masyarakat di tanah Jawa sudah menganut agama tauhid. Orang Islam menyebut Tuhan dengan nama Allah, sedangkan orang Jawa ketika itu menyebut Tuhan dengan sebutan Gusti Pengeran (Tuhan sebagai tempat untuk dingengeri).

Saat itulah sang Syech Subakir merasa bahwa agama Islam maupun apapun yang bersifat tauhid (hanya mengesakan Tuhan) adalah benar, walaupun apa namanya agama tersebut. Lantaran sudah menganut agama tauhid, maka Syech Subakir berniat untuk pulang ke Persia. Namun, beliau mengetahui bahwa pulau Jawa masih labil. Banyak gempa di sana-sini. Bahkan Pulau Jawa terasa berguncang-guncang.

Akhirnya, Syech Subakir menaklukkan keganasan Pulau Jawa tersebut dengan mengalahkan jin-jin yang jahat. Disamping itu, beliau menanam sebuah paku ghaib agar pulau Jawa tidak berguncang-guncang. Setelah paku ditanam, maka pulau Jawa sudah stabil. Konon ada tiga paku yang ditanam oleh Syech Subakir. Salah satu paku ghaib tersebut konon berada di wilayah Magelang.

Tidak ada yang tahu pasti dimana makam syech Subakir. Ada yang mengatakan bahwa beliau wafat di Persia tahun 1462. Tetapi ada yang berpendapat bahwa beliau wafat di pulau Jawa. Yang mana yang benar, Wallahualam.
indonesia_mtmerapi.jpg
Makam Di Beji Benowo

Sebuah makam di desa Beji Benowo, disebut-sebut sebagai makam syech Subakir. Makam tersebut terletak di dalam areal sebuah Pondok Pesantren. Jika kita mengunjungi makam tersebut, maka kita akan membaca tulisan-tulisan yang ada di dinding yakni, Sabar, Temenan (Sunguh-sungguh), Ngalah (mengalah), Neriman (menerima pemberian Tuhan dengan Ikhlas). Tulisan tersebut terlihat biasa saja, tetapi mengandung arti yang sangat dalam.

Tulisan-tulisan di tembok masjid Pondok tersebut melambangkan sifat yang harus dimiliki manusia jika ingin dekat dengan Gusti Allah. Kami empat orang, Aku, Fery, Hastu dan Widji jauh hari sudah memiliki keinginan untuk berkunjung ke makam tersebut. Dan alhamdulillah akhirnya keinginan itupun menjadi kenyataan.

Setelah membaca tulisan-tulisan di tembok masjid pondok pesantren yang belum jadi itu, kami masuk ke dalam areal pondok yang saat itu sunyi sepi. Maklum, kami berziarah pada pukul 24.00 Wib. Sampailah kami di sebuah areal makam yang hanya terdapat sebuah makam di luar dan tiga makam di dalam sebuah rumah.

Ketika memasuki pintu makam, kita harus membungkuk lantaran pintunya dibuat rendah sehingga mengharuskan siapapun yang memasukinya haruslah membungkukkan badan. Satu makam diluar disebut-sebut sebagai makam kyai pengelola pondok pesantren tersebut. Sementara tiga makam di dalam adalah makam Syech Subakir dan dua makam istrinya. Makam Syech Subakir dan para istrinya itu ditutupi oleh kain putih sehingga untuk melihatnya, kita harus melongok dan membuka tabir kainnya.

Kami melakukan semedi di areal tersebut untuk beberapa lama. Ketentraman merasuki jiwaku saat melakukan semedi. Sementara teman-temanku sudah keluar semua, aku masih tetap bertahan sendirian di dalam makam tersebut memohon pada Tuhan agar mengampuni dosa-dosa Syech Subakir dan menerima semua amalannya.

Suara-suara ghaib tiba-tiba muncul dan mengajak dialog aku. Tak ada perasaan takut pada diriku. Akupun langsung ‘membunuh’ otakku agar tidak ikut bicara. Aku mulai bicara melalui rasa. Kami berbincang-bincang melalui mata batin. Beraneka pitutur luhur aku dapatkan sebagai sangu untuk mengarungi hidup di alam dunia yang fana ini. Alhamdulillah, begitulah kata-kata yang meluncur dari bibir kami karena sudah berziarah di makam Sang Penakluk Pulau Jawa.(*)

About these ads

50 Komentar (+add yours?)

  1. apurwa
    Apr 07, 2008 @ 08:07:33

    Salam…yok opa kabare?

    Balas

  2. suprianto
    Des 23, 2008 @ 07:08:51

    ass. sodaraku setelah saya mambaca tulisan sodara ada rasa saya ingin berkunjung ke makam itu kalo boleh saya tahu dimana tepatnya makam itu…saya sangat menharapkan sodaraku memberikan alamat lengkapnya…sodaraku bisa kirim ke,,,,suprian_to@yahoo.com saya banyak ucapkan terima kasih

    Balas

    • suluhnusantoro
      Des 23, 2008 @ 20:47:43

      saya lupa nama pondoknya pak suprianto, tetapi saya tahu lokasinya. Kalau Anda berkunjung ke Benowo Surabaya, maka setelah pom bensin di kanan jalan, silakan tanya lokasi makam Syech Subakir. Kebanyakan orang tahu, meski tempatnya agak tersembunyi. Trims

      Balas

    • cakrohadi
      Sep 30, 2012 @ 21:09:32

      didekat pemandan penataran blitar

      Balas

  3. kris
    Feb 02, 2009 @ 04:36:16

    saya sangat senang dan kagum sekali pada para pejuang islam jaman dulu…saya harap anda lbih menggali lagi tentang sejarah2 tersebut,,allahushomad….

    Balas

  4. hadi
    Apr 30, 2009 @ 12:06:30

    Allhamd.saya ikut terkesan

    Balas

  5. Priyo
    Jul 05, 2009 @ 11:09:44

    Assalamulaikum wr. wb.
    Wahai saudaraku saya sangat berterima kasih atas informasi makam Syech Subakir.. tp saya ingin tanya di candi penataran blitar juga ada makam yg menurut org2 makam Syech Subakir trus mana yang benar letak makam Syech Subakir??? juga ada yang mengatakan makam beliau ada di Singapura!!! saya jadi bingung…
    Terimakasih banyak.
    Wassalamu’alakum Wr.Wb.

    Balas

    • suluhnusantoro
      Jul 06, 2009 @ 08:09:34

      Mas, Priyo, Anda tidak perlu bingung. Saya juga tahu kalau di Surabaya ada makam syech Subakir dan di Blitar pun ada. Bahkan di Mojokerto juga saya dengar ada. Ketika saya tanyakan ke kyai di pondok pesantren Benowo yang ada makam Syech SUbakir, beliau ngomong bahwa kalau Syech SUbakir menampakkan diri di Benowo, maka di tiga lokasi lainnya yakni Mojokerto dan Blitar juga akan muncul bersamaan. Itulah kehebatan orang dulu. Kata orang yang Kejawen, itu disebut ilmu mecah rogo (memecah raga). Sama halnya dengan Pangeran Diponegoro yang katanya makamnya di Sulawesi, tetapi ada juga yang mengatakan makamnya di Yogyakarta, ada pula yang menyebut makam Pangeran Diponegoro di Palembang. Makam yang benar yang mana, Wallahualam.

      Balas

  6. Nan@ng
    Jan 18, 2010 @ 05:55:45

    Apa btul mkm syech subakir da d jawa..aq prnh bc bku rwayat2 walisngo xng djual d troloyo kwsn mkm mbah syech sayyid jumadil kubro. Klo sech subakir plng kmbli k persia stlh slesai tugasxa mmbntu dahwah pr walisngo. Pa mngkn petilasanxa aja. Wallohua’lam.

    Balas

  7. Omeck
    Feb 12, 2010 @ 04:59:51

    Asswrwb.
    Subhanallah, Alhamdlh dgn pengalaman ritual saudaraku, bisa menambh wawasan kami dbidang ke Rohanian. Saudaraku brarti mendpt Karomah dari Allah & mndapt Ridho-Nya bisa dialog lgsg dgn Bliau, karna tanpa Ridho Allah gk bkln bisa. Andai ada lagi penglmn saudaraku yg lain kbri ke Email ku ya Omeck_Mogah@yahoo.com. Trims Slm kenal.

    Balas

  8. Ahmad munasir
    Apr 14, 2010 @ 19:21:05

    Q tinggal di magelang dekat makamnya syeh subakir di gunung tidar.so,yang mau ziarah ayo tak anterin.btw tentang rajah kala cakra kaliyan bisa belajar di kitab silahuttholibin.wasslm.

    Balas

    • abimruby
      Okt 10, 2010 @ 01:27:38

      Assalamualaikum Wr. Wb
      Mas klau mokesana kalau dr terminal pake angkot jurusan mana, trus alamat kampungnya Ds, Kec Apa? trus makamnua diluar apa didalm, trus banyak makam yang lain tak . Makasih mas atas infonya

      Balas

    • sholikul huda
      Des 19, 2012 @ 20:06:00

      minta no hp Pak Ahmad Munasir Boleh? kalo sampai magelang spy aku bisa hub. ini hp saya 081 724 45 46 atau 082 325 987 888

      Balas

  9. prabu
    Apr 22, 2010 @ 14:31:00

    saya terkesan dg [engalaman spiritual saudaraku, kalau boleh mhon dialog gaib dg kanjeng syech kalau bisa dimuat buat referensi kita

    Balas

  10. prabu
    Apr 22, 2010 @ 14:31:52

    saya terkesan dg [engalaman spiritual saudaraku, kalau boleh mhon dialog gaib dg kanjeng syech kalau bisa dimuat buat referensi kita, dan apa aada penampakan wujud nya saudaraku

    Balas

  11. prabu
    Apr 22, 2010 @ 14:32:41

    trus tanya apa lagi aku???????????

    Balas

  12. Mbah yoedhie
    Mei 29, 2010 @ 08:56:07

    Sy terkesan dg pengalaman ritual anda. dan sy pun termasuk orang yg suka berziarah ke makam khususnya penyebar2 agama Islam. Sy mohon info yg jelas lokasi makamnya Syech Subakir

    Balas

  13. Alif
    Sep 21, 2010 @ 17:37:06

    Carilah bagimu seorang guru mursyid yang khamil mukammil, dan dia akan menuntunmu secara dzahir dan batin, sungguh terlalu sulit menuju kepada-Nya… Banyak rintangan dan tipu daya disana, baik dari jin setan ataupun hawa nafsumu sendiri.. Setinggi apapun ilmumu…!!

    Balas

  14. diah
    Sep 24, 2010 @ 05:49:40

    assalamualikum wr.wb

    saya jg udah mengujungi makam syekh subakir yang ada di blitar lho mas. disana terdapat sajadah dari batu yang konon katanya pernah digunakan oleh beliau untuk sholat. silahkan berkunjung kesana juga ya mas.. ^.^

    Balas

    • KI Ageng Selo Wira Satriaji
      Mar 11, 2012 @ 14:24:55

      Ass..Wr..Wb.. Just Coment, Maaf Gan,yang di Penataran Bukan SAJADAH Mbah Syehck Subakir Tetapi Topo Sujud Gusti ALLOH SWT Peninggalan Mbah Subakir Yang Hampir Sama Dengan Topo Gusti ALLOH SWT Peninggalannya Mbah Syeck Domba/Syech Hasan Munadi Di Goa Gunung Ungaran Semarang Dan Hampir Mirip Juga Dengan Topo Dzikir nya Peninggalan Djoko Tole Di Tempat Terpencil Sumenep Madura.. Kesimpulannya Adalah.. Hanya Kepada ALLOH SWT lah Kita Memohon Ampun Atas Segala Dosa yang Pernah KIta Lakukan Baik Di Sengaja/Tidaknya.. Memohon Rezeki yang Halal,Mengadu Segala Masalah yang Rumit Dan Memohon Jadikanlah Kita Sebagai Makmumnya Nabi Muhammad SAW yang Beriman Kepada ALLOH SWT Dan Memohonlah Kepada ALLOH SWT Kalau Nanti Kita Wafat,Jasad Rohani Dan Jasmani Kita Di Jadikan Husnul Khotimah.. Amien Suma Qobul Amien yaa Robbal ‘ngalamien.. NB.Janganlah Kita Minta Sesuatu Kepada Makom Waliyulloh DLL Sejenisnya.. Trims.. Wss.. Wr.. WB..

      Balas

  15. nahrowisamsuri@yahoo.com
    Jan 02, 2011 @ 06:16:25

    yang paling benar sholat lima waktu apa itu kuburan haram membesar besarkan. tak ada perintah yang kuat mengenai itu. ayok ? sholat jama ah itu jelas perintahnya. Zakat itu jelas perintahnya Allah malah tak di perhatikan. boleh ziarah tapi itu bagian kecil dalam islam.Tak ziarah pun tak berdosa, Jadilakukan yang wajib, sebelum melakukan yang remeh seperti ziarah kemakam para wali katanya.

    Balas

  16. nahrowisamsuri@yahoo.com
    Jan 02, 2011 @ 06:26:35

    mengenai pengalaman spiritual hati hati banyak setan yang mengangu, jadi kami rasa abaikan aja ,itu semua sebab yang jelas sudah tertera di dalam al-qur”an. kita tetep teguh dengan apa yang di perintahkan Allah melalui rosulnya Muhammad saw melalui al qur”an dan hadisnya. Kalau ingin ingin ketentraman jiwa yang seperti itu,berdzikirlah di masjid insyaallah hati akan tentram.

    Balas

  17. wanbima
    Jan 12, 2011 @ 18:59:04

    alhamdulillah,…sy jg pernah berziarah kemakam syeh subakir yg terletak didaerah belitar sana,..dr makam soekarno masih naik lagi keatas,..disana ada sebuah pesantren,..alhamdulillah mungkin sekarang sudah jadi..kabarnya makamnya sdh bagus terawat dan ada pendopo disamping makam,..krn dulu sya pertama datang kesana masih berupa makam biasa,..
    insya allah dengan banyaknya org yg berziarah kesana org semakin tau sejarah islam ditanah jawa,..dan insya allah berziarah itu bukan hal yang haram bagi umat islam, dan tidak akan pernah sia sia,..krn itu suatu perhambaan diri kita terhadap allah swt, krn nantinya kita akan seperti mereka yg sdh mendahului kita,..apalagi mrk itu adalah para penyiar agama islam, kita wajib berwasilah dan memohon ampunan kepada allah utk mereka serta minimal kita meminta kepada allah seperti apa yg telah allah berikan kepada beliau agar kita juga diberikan kekuatan dalam mensyiarkan agama islam,…jangan pernah menghilangkan ziarah kubur para wali tanah jawa/ tanah indonesia, klo bisa budayakan ziarah kubur tersebut,…insya allah akan banyak faedahnya walau pun kita hanya baca alfatihah,…usahakan sempatkan….krn akan banyak ceritanya. (tidak untuk pesugihan/atau utk kesaktian)

    Balas

  18. salim..
    Feb 01, 2011 @ 19:20:20

    aku mnta alamat lengkap ipun simbah syeh subakir…suwun

    Balas

  19. salim..
    Feb 01, 2011 @ 19:23:47

    nywun pangestu pak mugiyo kulo saget sowan mriko…

    Balas

  20. salim..
    Feb 01, 2011 @ 19:25:14

    niki email kulo noorsalim95@yahoo.co.id

    Balas

  21. Jens
    Feb 06, 2011 @ 04:33:17

    Sing Apik Diterimo…

    Suara Suara Gaib Biasa Muncul Kapan Saja Dengan Keheningan…

    Balas

  22. susanto
    Mar 04, 2011 @ 14:29:24

    nice.
    salam

    Balas

  23. ewol
    Sep 28, 2011 @ 16:40:04

    mnurut sya b’ziarah & b’wasilah kepada waliyullah itu sangat lah bgus, slain qt m’doakan & b’trima ksih ats jasa2 beliau dlam p’juangannya m’syiarkan agama islam, jga untuk m’ingatkan qta akan kmatian yg insyaallah bsa m’buat qta bsa lbih m’syukuri khidupan yg qta jalani saat ini serta m’jadikannya lbih baik.amiiin……….

    Balas

  24. jakabali
    Okt 08, 2011 @ 17:07:28

    alhamdulillah..

    Balas

  25. suamardi
    Feb 14, 2012 @ 06:20:56

    memang sholat,zakat itu terang perintahnya tapi ziarah juga penting asalkan ziarahnya itu murni dan tanpa ada keinginan lain karena kita semua bisa dan tau islam itu perantara beliau-beliaulah jadi ngga ada salahnya kalau kita doa beliau,dan selain itu ziarah merupakan salah satu untuk mengingatkan kita pada kematian,sehingga dengan ziarah dapat memberikan sedikit kotribusi kita dalam mendekatkan diri kepada illahi robby dan semakin enak ibadah kita.

    Balas

  26. KI Ageng Selo Wira Satriaji
    Mar 11, 2012 @ 14:53:16

    ASS.. WR.. WB.. Kulo Manut Mbah.. Alhamdulillah Hampir Semua Makom Waliyyulloh yang Ada Di Indonesia Sudah Pernah Atau Mungkin Sering Saya Datangi Dan BerDziaroh Tapi yang Lebih Sering Ke Makom Keramat Luar Batang AL Habib Abu Bakar Alaydrus/Mbah nya Para Habaib Di Indonesia (Paku Buminya DKI Jakarta),Ingin Rasanya Saya BerDziaroh Ke Makom Baginda Nabi Besar Muhammad Rosululloh SAW Tapi Belum Terwujud.. Memang Terkadang Aneh Melihat Versi-Versi Orang yang Datang BerDziaroh,Ada yg Minta Rezeki yg Banyak,Minta Jodoh,Minta Nomer Togel,Benda-benda Sakti,Benda yg Berbentuk Ghoib,Berbicara Dgn Orps Ghoib DLL.. Kesimpulannya Adalah : Hanya Kepada ALLOH SWT lah Kita Memohon Ampun Atas Segala Dosa yang Pernah KIta Lakukan Baik Di Sengaja/Tidaknya.. Memohon Rezeki yang Halal,Mengadu Segala Masalah yang Rumit Dan Memohon Jadikanlah Kita Sebagai Makmumnya Nabi Muhammad SAW yang Beriman Kepada ALLOH SWT Dan Memohonlah Kepada ALLOH SWT Kalau Nanti Kita Wafat,Jasad Rohani Dan Jasmani Kita Di Jadikan Husnul Khotimah.. Amien Suma Qobul Amien yaa Robbal ‘ngalamien.. NB.Janganlah Kita MeMinta Sesuatu Apa Pun Kepada Makom Waliyyulloh Dan Apa Pun Jenisnya.. Trims.. Wss.. Wr.. WB..

    Balas

    • hazim siraj
      Okt 05, 2012 @ 01:22:12

      qutbul ghouts al imam syafi’i pernah berkata ketika beliau sdg berziarah di makam al imam abu hanifa, ya alloh aku yakin do’aku tdk engkau tolak krn aku sdg berdoa kpdmu di dekat makam kekasihmu. salam

      Balas

  27. Edy Yusuf Haz
    Apr 14, 2012 @ 22:46:36

    Kalo yang di Blitar di Bukit dekat Candi Penataran adalah Tempat Jubah Eyang Sech….dan bukan Makamnya, alhamdulillah saya sdh pernah ke sana atas perintah Eyang Syech saya diminta sholat di Sajadah Batu sebelah kiri Makam Jubah Eyang…..wkt itu begitu saya tiba di lokasi jam 10 malam, oleh jurukunci ternyata saya diijinkan karena beliau juga sdh dapat perintah dari Eyang kalau saya akan sholat sunnah di sajadah batu tsb. Nah menurut Eyang sendiri, makam beliau yang sesungguhnya itu ada di daerah Njenuh Tuban di pinggir pantai dimana air laut pantai tsb gelombangnya terkendali atas doa Eyang yg diijabah Alloh….subhanalloh..wallohu a’lam….

    Balas

  28. rachmat
    Apr 15, 2012 @ 08:29:15

    assalamualaikum WR WB jika sekabehane tasih bingung (jika semuanya masih bingung) mana yang benar mari kita kaji lebih dalam lagi sedalamdalamnya di daerah surabaya gubeng ato hubungi fb saya saja insya allah nanti di bantu untuk menjawab semua pertanyaan panjenengan…..

    Balas

  29. rachmat
    Apr 15, 2012 @ 08:29:55

    assalamualaikum WR WB jika sekabehane tasih bingung (jika semuanya masih bingung) mana yang benar mari kita kaji lebih dalam lagi sedalamdalamnya di daerah surabaya gubeng ato hubungi fb saya saja insya allah nanti di bantu untuk menjawab semua pertanyaan panjenengan….. ian sky dark

    Balas

  30. Janoko
    Apr 20, 2012 @ 02:53:42

    ijin mampir

    Balas

  31. dzuraganmahir
    Apr 27, 2012 @ 07:07:18

    Mantavvvvvvvv, boleh dong mas di share mapping-nya kalo’ mau ziaroh kesana. dari pada jalan2 ke tempat wisata cuma meninggalkan kelelahan fisik. mungkin ini bisa jadi alternatif wisata ruhani keluarga.

    Jazakumullloh…

    Balas

  32. ariek_thok
    Nov 04, 2012 @ 16:02:40

    kata kakak saya….yang di tuban atau lamaongan itu yg mendekati aslinya….dulu waktu kesana masih di tumbuhi rumput ilalang tingginya setinggi orang dewasa….tp sekarang sudah bersih….banyak kok yg ziarah kesana

    Balas

  33. syaifudin zuhri
    Des 17, 2012 @ 03:19:30

    saya berharap infrmasi ini dapat memberi manfaat yang besar bg yg membaca
    ………..Amin…………..

    Balas

  34. Ahmad Ghozali
    Jan 06, 2013 @ 16:48:09

    kita bersyukur dengan adanya syekh subakir.karena beliaulah yg menaklukkan tanah jawa ini.coba klo gk ada syekh subakir mungkin sampai saat ini gk ada yg memagari tanah jawa ini.

    Balas

  35. husnumufid@yahoo.com
    Feb 05, 2013 @ 11:25:57

    Saya menerbitkan buku berjudul: Pembabaran Syekh Subakir dan Ajarannya. barangkali berminat hub 085648043120 Drs. Husnu Mufid, MPdI Jl Jemurwonosari Gang Lebar 100 Wonocolo Surabaya

    Balas

  36. gunungbukitjaya
    Mei 14, 2013 @ 15:32:09

    assalamu’alaikum. Di Penataran Blitar juga ada makam Syaikh Syubakir. saya udah pernah Ziarah Di Makam Beliau.

    Balas

  37. akhmad misdiono
    Mei 19, 2013 @ 18:12:25

    assalamualaikum.apa bnar zaman sekarang msih ada ktruna dri syekh subakir???
    mtur suwon………

    Balas

  38. Oseng Blambangan
    Mei 22, 2013 @ 05:57:50

    Asslm,,,wr,,,wb,,KI Ageng Selo Wira Satriaji
    Salam kenal

    Balas

  39. Imam Supaat
    Jun 23, 2013 @ 12:03:23

    Salamu’alaikum….
    Membaca naskah diatas dan membaca pendapat saudara2ku senasib sepenanggungan yg di rahmati Allah… lepaskan semua ego dan marilah kita kembali pd kewajiban kita sebagai manusia, sebagaimana di perintahkan Allah… semua pendapat memiliki kebenaran masing2 sesuai sudut pandang masing2… yg Maha Benar hanyalah Allah SWT… Terimakasih… wasalam…

    Balas

  40. arok
    Okt 17, 2013 @ 15:50:13

    woe,,, pra pencari yg diatas mkam pra nabi n para wali n pastixa di atas bumi,.

    lnjutkn p yg kmu cari n yg kmu ykini,

    Balas

  41. Kimi
    Jun 04, 2014 @ 02:42:14

    Kl agan pgen ke makam itu bs hub ane d email hakimmaruitachi@yahoo.co.id coz ane tggl di benowo

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip Tulisan

Tamu

  • 30,613 Orang
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: